Sabtu, 01 Maret 2014

Kearifan Dakwah Wali Songo


Kedatangan para aulia Allah untuk berdakwah dengan ke arifan dan dakwah dengan mengedepankan akhlak. khususnya wali 9, yang biasa kita kenal dengan Wali Songgo, berhasil menjalankan dakwahnya dalam kesejukannya dapat kita rasakan sampai saat ini.

Penyebaran agama Islam di Indonesia ini khususnya pulau jawa, dapat diterima pada saat itu. Kekaguman masyarakat pada saat itu di karenakan dakwah yang di bawakan para wali allah ini, tidak menampikan adat istiadat yang ada. Memasukan ajaran tauhid dan akidah kedalam tradisi yang ada sehingga dapat di terima oleh masyarakat pada saat itu yang beragama Hindu .


Itulah ke arifan dakwah yang di bawa para wali songo dengan mengedepankan akhlakul karimah. seperti Firman allah s.w.t



 
ARTINYA; "Serulah (Manusia) kepada jalan Tuhanmu, dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalannya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS.An nahl;125)

Dakwah yang menggunakan akhlak dapat merubah kehidupan Masyarakat yang beragama Hindu, dan kepercayaan yang bisa membuat kemusrikan. Tidak di pungkiri Dakwah para Wali Songo ini, harus terjun langsung ke masyarakat, walaupun harus lebih dulu mengikuti adat istiadat setempat. Seperti contohnya dakwah yang di lakukan Sunan Kali jaga, yang aslinya bernama Raden Said. Putera adipati Tuban yaitu tumenggung Wilakita. Beliau sangat Arif dan Bijaksana dalam berdakwah. Dan di anggap sebagai guru suci setanah jawa. Beliau memasukan dakwah ke dalam Adat seperti pewayangan. seselamatam, dan sesajian, walaupun dapat pertentangan dari para wali lainnya, namun bisa di sepakati, karna memang ajaran Agama Budha  yang mirip dengan ajaran Islam.

Cara dakwah seperti ini dapat di terima oleh masyarakat pada saat itu yang beragama hindu dan budha. Memasukan ajaran Islam ke dalam adat istiadat dengan niat berdakwah agar panji-panji Islam dapat berkibar di seluruh jagad raya khususnya Indonesia yang kita cintai ini.

Dalil yang menurut penafsiran saya mengenai Dakwah wali Songo adalah:




ARTINYA; "Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-sukusupaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi maha mengenal" (QS.Al Hujarat;13)

Di sini Allah memerintahkan kita untuk saling mengenal, antar suku dan bangsa agar keharmonisan hidup terus berjalan. Dan Allah menciptakan suku-suku dan bangsa-bangsa.

Suku

Yang namanya Suku sudah pasti di dalamnya ada Adat dan Istiadat. Adat artinya kebiasaan suatu perbuatan atau kelakuan yang ada di masyarakat. Di Indonesia banyak suku, seperti Suku Jawa, suku Sunda, Suku Batak dll. Setiap suku punya kebiasaan sendiri-sendiri atau yang di sebut Adat. Misal Suku jawa yang sering kita lihat terkenal pewayangannya, atau di daerah jogja yang saya tau tentang malam satu syuro yang biasa di pakai oleh orang-orang keraton untuk mengadakan ritual mencuci benda-benda pusaka. Sedangkan daerah sunda mempunyai seni tari dengan jaipongannya.
Dan banyak lagi suku-suku yang ada di Indonesia ini, dengan ciri khasnya Adat masing-masing.

Nah di sini dakwah islam yang di jalankan para Wali songo, dengan dasar inilah dakwah yang menyejukan hati dapat kita rasakan sampai sekarang ini, dengan tidak menghilangkan Budaya yang ada.

Bangsa

Yang namanya Bangsa sudah pasti di dalamnya ada hukum dan Undang-undang yang berlaku di dalam mengelola negara. Seperti bangsa kita yang mempunyai Undang-undang dasar 45 dan Pancasila. Sedangkan sebagian Undang-undang tersebut sbagian sudah banyk yang di adopsi dari hukum islam atau syariat agama Islam.

Lalu siapakah yang menciptakan Suku dan Bangsa tersebut? jawabannya adalah Allah sebagai mana yang tersurat di Ayat surah Al Hujarat tersebut di atas.

Kembali Dakwah islam yang di lakukan oleh para Wali songo untuk bangsa ini yang penuh ragam suku dan Bahasa. Tidak mungkin apa yang di Dakwahkan oleh Wali songo dengan cara ekstrim dapat merubah Bansa ini dalam satu pemahaman yang dangkal.

Ujung dari Ayat Al hujarat tersebut "Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah, orang yang palin taqwa di antara kamu"

Subhanallah, di sini jelas yang paling di muliakan oleh Allah adalah orang yang paling banyak taqwanya. Menjalankan apa yang di perintahkan, dan apa yang di larangnya.


3:159



ARTINYA: "Maka di sebabkan rahmat dari Allah lah kamu berlaku lemah lembut kepada mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarah lah dengan merka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membuat tekad. Maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaqwa kepadanya." (QS.Ali Imran.159)



Itulah cara Dakwah yang di lakukan para Aulia Allah khususnya Wali songo. dengan dakwah mengutamakan akhlak dan karismatik. Sehingga cahaya Islam dapat di rasakan hingga saat ini. Bahkan menjadi pemeluk Islam terbanyak di dunia melebihi negara Timur tengah yang dasarnya Islam terlahir di sana.

Estafet dakwah yang di lakuakan sampai sekarang melalui Ulama-ulama yang penuh kharismatik dan cahaya ke arifan dan bijak dalam menyikapi permasalahan Bangsa Indonesia. Khususnya organisasi terbesar di Indonesia yaitu Nahdratul Ulama.

Akhir kata dalam tulisan ini..
Wa salammu alaikum Warahmatullahi wa barakatuh.

Situs resmi Nahdratul Ulama  Nu.or.id

Media Dakwah www.cyberdakwah.com

www.habiblutfi.net

www.streamingislami.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar