Sabtu, 30 Januari 2016

PEMBALASAN KUBUR

Kembali kita bicarakan siksa kubur atau nikmat kubur, tapi baca dulu artikel terkait (NIKMAT KUBUR ATAU AZAB KUBUR). 

Tidak seseorang pun dapat mengetahui keadaan di kubur. Kecuali Allah yang mengetahui. Karena siksa atau nikmat kubur sudah diatur oleh Allah. Sebagaimana halnya orang yang mendapat impian bukanlah kehendak orang tidur itu sendiri.

Diterangkan dalam hadist-Jikalau orang yang dikubur orang yang shalih, maka ia akan menerima balasan yang baik. Itulah yang dinamakan nikmat kubur.


Setelah ia dapat menjawab pertanyaan Munkar dan Nakir, dia tidak mendapat siksaan, karena jawabannya benar. Lalu malaikat itu pergi.

Setelah malaikat itu pergi, kedengaran pula orang datang mengucap salam. Dilihatnya orang itu serupa benar dengan rupa dirinya, tapi ia lebih bagus dan memakai pakaian bagus. Orang itu lalu bertanya: "Siapa engkau?" Jawabnya: "Aku ini amalmu. Dan aku datang kemari untuk menemani kamu."

Orang itu merasa girang sekali kedatangan amalnya menjadi sebagai teman, Ia merasa beruntung, disitu baru diketahui bahwa ia telah beramal shalih dan mendapat karunia dari Tuhan. Kemudian orang itu disuruh tidur seperti tidurnya seorang pengantin baru.

Kuburnya terasa lapang terbuka. Dia berada di suatu alam, yang sangat asing baginya. Dia merasa tidak mati dan tetap hidup di situ, menanti sampai bangkit kubur.

Akan tetapi bagi mereka orang-orang durhaka, setelah orang-orang yang mengantarnya kembali beberapa langkah, si mayit merasa hidup kembali. Ia merasa di suatu alam yang asing, sunyi dan sepi, seperti terasa dalam mimpi, tapi bukan mimpi. Kini telah menjadi kenyataan baginya. Sadarlah ia sekarang, bahwa ia telah berada di alam lain seorang diri. Kini dia telah terpisah dari dunia, terpisah dari sanak keluarganya, terpisah dari semua yang dimilikinya.

Kini betul-betul baru percaya, apa yang dikatakan orang kepadanya. Inilah yang dinamakan mati, meski ia merasa hidup, tetapi tidak bisa berbuat apa-apa, meskipun ia berteriak sekuat tenaga, tetapi tidak dapat didengar orang. Ia dapat mendengar suara orang yang masih hidup, tetapi orang yang masih hidup tidak dapat mendengar suaranya. Dia dapat melihat orang yang masih hidup, tapi yang hidup tidak dapat melihat dia. Dia seperti terkurung dalam sangkar kaca. Dia dapat melihat barang di sekelilingnya, tetapi dia tidak dapat bergerak kemana-mana.

Sekarang ia sadar bahwa ia telah berada di alam yang ia sendiri belum kenal yaitu alam "BARZAKH". Entah berapa lama dia berada di situ, ia sendiri tidak tahu.

÷÷÷÷

Mmm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar